Kamis, 08 Maret 2012

HAPPY WOMEN'S DAY





Dari berbagai media OnLine, media televisi, bahkan jejaring Fb dan Twitter dengan hotnya berbicara dan membahas serta memperingati hari perempuan sedunia.
Hari Perempuan Sedunia ini sudah ada sejak memasuki abad ke-20. Saat itu berkembang era industrialisasi dan ekspansi ekonomi di dunia kerja. Kaum perempuan yang banyak bekerja di industri tekstil New York pada 8 Maret 1857 melakukan protes atas kondisi kerja yang buruk dan gaji yang rendah. Alhasil mereka pun bersitegang dengan polisi. Perkembangan selanjutnya kaum buruh perempuan ini kemudian membentuk serikat buruh dua tahun kemudian di bulan yang sama.

Kejadian paling tragis mengenai perjuangan buruh perempuan ini terjadi pada 1911 di sebuah pabrik triangle Shirtwaist yang mengakibatkan hilangnya nyawa sekitar 140 perempuan.

Di Barat, Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an, tetapi kemudian menghilang. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. 
Selanjutnya Hari Perempuan Sedunia atau Women Day. Di jadikan tanggal itu karena pada tanggal yang sama di Rusia tahun 1917 bulan Georgian / 23 Februari bulan Julian. Perempaun Rusia yang pertama kalinya di berikan hak suara dalam perpolitikan. Perempuan Rusia saat itu turun ke jalan memperjuangkan “Roti dan Perdamaian”. Tapi para politik menentang unjuk rasa tersebut, para perempuan ini tetap bertahan. Dan akhirnya raja Czar empat hari kemudian turun tahta. Lalu pemerintahan sementara mengakui hak perempuan untuk ikut serta dalam pemilu. Dan sejak saat itulah Hari Perempuan Sedunia diperingati pada hari yang sama oleh perempuan di seluruh dunia.

Sejak lahirannya gerakan sosialis, Hari Perempuan Internasional telah tumbuh menjadi sebuah hari global pengakuan dan perayaan di negara maju dan berkembang sama. Selama beberapa dekade, Hari Perempuan Internasioanl telah berkembang semakin populer dari tahun ke tahun. Selama bertahun-tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengadakan konferensi tahunan Hari Perempuan Internasioanl untuk mengkoordinasikan upaya internasional untuk hak-hak dan partisipasi perempuan dalam sosial, proses politik dan ekonomi. 1975 ditetapkan sebagai ‘Tahun Internasional Perempuan’ oleh PBB. Organisasi perempuan dan pemerintah di seluruh dunia telah juga mengamati Hari Perempuan Internasioanl setiap tahun pada tanggal 8 Maret dengan memegang skala besar peristiwa yang kemajuan kehormatan perempuan dan sementara rajin mengingatkan kewaspadaan lanjutan dan tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa kesetaraan perempuan diperoleh dan dipertahankan dalam semua aspek kehidupan .

Tahun 2000 dan Selanjutnya
Hari Perempuan Internasioanl sekarang hari libur resmi di beberapa negara seperti di Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Burkina Faso, Kamboja, Cina (untuk perempuan saja), Kuba, Georgia, Guinea-Bissau, Eritrea, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Madagaskar (untuk perempuan saja), Moldova, Mongolia, Montenegro, Nepal (untuk perempuan saja), Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Uganda, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam dan Zambia. Tradisi melihat pria menghormati ibu mereka, istri, pacar, kolega, dll dengan bunga dan hadiah kecil. Di beberapa negara Hari Perempuan Internasioanl memiliki status setara dengan Hari Ibu di mana anak-anak memberikan hadiah kecil untuk ibu dan nenek mereka.

Tidak banyak orang yang mengethaui bahwa hari ini 8 Maret 2012 diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia 2012. Google pun memberikan apresiasi khusus berkenaan dengan hari ini yaitu dengan mengubah Google Doodle-nya menjadi logo bernuansa perempuan.
Memang sih dalam hati Anda akan bertanya bukankah ada banyak hari yang sejatinya ditujukan untuk memperingati kaum hawa di dunia ini? Seperti hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember, hari Kartini setiap 21 April, atau hari ibu internasional yang jatuh pada 11 Mei.

Hari Perempuan Sedunia 2012 yang diperingati hingga saat ini merupakan peringatan keberhasilan kaum hawa dalam mengubah kedudukannya di bidang ekonomi, politik serta sosial budaya.
Kalau di Indonesia, jenis kekerasan pada perempuan dalam ranah seksual dan privat. Masih belum melakukan kesetaraan yang berkelanjutan. Banyak organisasi-oraganisasi memperjuangkan hak tentang perempuan, tapi hanya sebatas kalangan tertentu. Buktinya salah satu dalam hal besar-kecilnya gaji masih berlaku. Hak yang sama bagi setiap warga Negara, yang seharusnya universal masih belum berlaku.
Memperingati Hari Perempuan Sedunia bisa dengan berbagai cara positif yang mendukung kemajuan hak-hak perempuan. Namun pada hakikatnya, setiap hari adalah harus menjadi hari yang spesial untuk kaum perempuan yang tidak sedikit membawa perubahan dunia. Bagaimana pendapat Anda tentang perempuan Indonesia atau siapa sosok perempuan yang Anda kagumi?


Selamat memperingati Hari Perempuan Sedunia 2012. Semoga perempuan di dunia menjadi semakin maju serta berkembang tak terlepas dari esensi kodrat mereka diciptakan di bumi ini.


HAPPY WOMEN'S DAY !!! ^_^




Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Sekilas

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Blog Mega Oc. - Saya Senang dengan anda mengklik informasi ini, berarti anda peduli dengan keberadaan blog ini, saya berharap ini bukan untuk pertama kalinya anda mengunjungi blog ini. Mudah-mudahan blog ini bermanfaat.

Sekilas Pesan

Belajar dan belajar sampai bodoh kembali. Tdk menginginkan org lain kecewa krn tingkah ku. Menabur kebaikan akan menuai berkah. Jadi tdk menabur angin agar tdk menuai badai.(' ',)